Rabu, 20 Mei 2015

Penyusunan Usaha Kelompok Perempuan Wangu Ana Duna

Penulis: Kontributor Lembaga Pelita Sumba

Penyusunan Usaha Kelompok Perempuan Wangu Ana Duna
Pada bulan Mei 2015 lalu, diadakan kegiatan penyusunan usaha Kelompok Perempuan Wangu Ana Duna yang berlokasi di Desa Mauramba, Sumba Timur. Acara tersebut dihadiri oleh anggota kelompok termasuk para suami, pemerintah desa, perwakilan lembaga Pelita dan Kecamatan Kahungu Eti. Dengan kehadiran suami istri dalam kegiatan kelompok perempuan ini diharapkan tercapai pemahaman masing-masing anggota keluarga tentang maksud dan tujuan serta peluang ekonomi usaha kelompok.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pelatihan analisis dan rencana usaha prioritas bagi para anggota kelompok, seperti perhitungan biaya kerja, biaya tetap, biaya produksi dan keuntungan bersih yang akan didapat bila usaha itu dijalankan. Dengan pelatihan ini diharapkan anggota kelompok dapat memahami tujuan penyusunan rencana usaha prioritas dan peluang usaha secara ekonomis.

Setelah melakukan analisis dan rencana usaha di tujuh kelompok perempuan, disimpulkan bahwa usaha pertanian bawang merah akan menjadi prioritas usaha mereka. Penentuan usaha bawang merah disepakati setelah memperhitungkan biaya dan faktor resiko seperti tahan lama, harga yang baik dan peluang pasar. Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan analisa usaha kelompok, setiap kelompok bisa melakukan perencanaan usaha prioritas sesuai hasil analisa usaha, sehingga dapat meningkatkan pendapatan anggota.

Dalam kegiatan ini terjadi komunikasi yang cukup baik antara kelompok perempuan dengan suami masing-masing. Pemerintah Desa mendukung kegiatan ini dalam bentuk monitoring dan intervensi dana ADD bagi kelompok perempuan jika dana sudah dicairkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar