Minggu, 10 Mei 2015

Workshop Monitoring dan Evaluasi

Oleh: Navita K. Astuti

Pada hari Rabu, 6 Mei 2015, telah dilaksanakan workshop Monitoring & Evaluation yang dibawakan oleh Any Sulistyowati, Theresia Iswarini dan Gita Meidita.
Pada sesi pagi, Any membuka workshop dengan mengajak peserta untuk melihat kembali apa saja yang sudah dipelajari dari proses penguatan kapasitas LSM bersama Hivos dan Kail.

Kemudian, setiap LSM yang menjadi peserta program penguatas kapasitas melakukan presentasi mengenai capaian yang sudah dilakukan dalam setengah tahun yang tengah berjalan.

Pada siang hari, workshop dibawakan oleh Gita Meidita tentang standar monitoring dan evaluasi dari Hivos. Pada sesi ini, Gita memaparkan apa perbedaan antara proses evaluasi dan monitoring. Kemudian, Gita memaparkan apa saja tahap-tahap yang dilakukan dalam monitoring dan evaluasi, aspek apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan monitoring dan evaluasi. Semua itu kontekstual dengan bidang yang ditekuni/didampingi, misalnya : petani garam, penenun ataupun petani, memiliki ciri khas yang perlu diperhatikan dalam proses monitoring dan evaluasi.

Workshop pada hari ini ditutup oleh Theresia Iswarini dengan membawakan topik mengenai standar pelaporan narasi maupun keuangan dari Hivos.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar