Minggu, 21 Desember 2014

Pendampingan Pengorganisasian Masyarakat dan Pemetaan Partisipatif untuk lima LSM di Sumba

Penulis: Any Sulistyowati

Pada tanggal 3-13 Desember 2014 yang lalu, diselenggarakan pendampingan mengenai Pengorganisasian Masyarakat dan Pemetaan Partisipatif di lima LSM peserta program peningkatan kapasitas LSM Sumba. Lima LSM ini adalah penerima hibah dari Hivos untuk program penguatan ekonomi perempuan di Pulau Sumba pada periode September 2014 – September 2015.

Proses pendampingan dilakukan secara berkeliling di kelima organisasi. Bertindak sebagai pendamping adalah Waspotrianto (ELSPPAT), Abdul Jalil (ARKOM), dan Panji Jarmiko (ARKOM). Masing-masing organisasi mendapatkan kesempatan 3-5 hari pendampingan untuk topik tersebut. Proses belajar dapat berlangsung di kantor organisasi masing-masing atau di lapangan dengan metode-metode yang dirancang sesuai dengan kebutuhan masing-masing organisasi.

Sebelum melakukan proses pendampingan, para pendamping mendiskusikan materi dan bahan-bahan belajar dengan peserta melalui diskusi yang partisipatif. Harapannya agar setiap organisasi mendapatkan manfaat maksimal dari proses pendampingan ini. Selain ketiga mentor, para peserta juga didampingi oleh Intan Darmawati untuk memperkuat aspek gender di dalam proses pengorganisasian mereka. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar