Kamis, 17 September 2015

Pendampingan Pembuatan Laporan Akhir LSM Sumba

Oleh: Deta Ratna Kristanti

Pendampingan Pembuatan Laporan Akhir LSM Sumba merupakan bagian akhir dari rangkaian Program Peningkatan Kapasitas LSM Sumba yang dilakukan sejak bulan September 2014 hingga bulan September 2015 dengan pendamping tim KAIL. Laporan Akhir berisi cerita dan refleksi kegiatan pendampingan masing-masing LSM Sumba terhadap kelompok perempuan di daerah dampingan masing-masing.

Kegiatan Pendampingan Pembuatan Laporan Akhir dilakukan tim KAIL untuk membantu masing-masing LSM agar dapat mengungkapkan cerita yang kaya dan mendalam tentang proses pendampingan mereka, agar dapat menyusun cerita secara lebih terorganisasi, memilih dan menekankan poin-poin penting untuk dimasukkan dalam laporan, serta menggali refleksi tentang proses yang dialami masing-masing perwakilan LSM selama mendampingi kelompok maupun selama menjalani program peningkatan kapasitas di KAIL. Tim KAIL juga membantu memberikan masukan dari sisi tata bahasa dan logika berbahasa Indonesia dalam proses penyusunan laporan.

Kegiatan Pendampingan Pembuatan Laporan Akhir LSM Sumba terbagi dalam 2 tahap. Tahap pertama adalah temu muka dengan para peserta dari 5 LSM Sumba yang berlangsung dari tanggal 5 sampai dengan 9 September 2015 di Hotel Sinar Tambolaka, Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan jadwal sebagai berikut:
1. Yayasan Bahtera – 5 September 2015
2. Lembaga Pelita Sumba – 6 September 2015
3. Yayasan Wali Ati (Yasalti) – 7 September 2015
4. Yayasan Peduli Kasih (Sandika) – 8 September 2015
5. Yayasan Sosial Donders (YSD) – 9 September 2015

Pada masing-masing jadwal tersebut, dua orang dari masing-masing LSM Sumba hadir untuk mengikuti kegiatan ini, kecuali YSD yang hanya mengirimkan 1 orang perwakilan. Tim KAIL yang melakukan kegiatan Pendampingan Pembuatan Laporan Akhir ini adalah Deta Ratna Kristanti dan Intan Darmawati. Selain itu, hadir juga Michael Zakarias Santoso yang memfilmkan semua sesi pendampingan pembuatan laporan serta melakukan sesi evaluasi setelah kegiatan pendampingan pembuatan laporan akhir selesai.

Pada kegiatan Pendampingan Pembuatan Laporan Akhir LSM Sumba, tim KAIL menggali cerita pendampingan kelompok dari peserta yang hadir pada kegiatan ini. Intan terutama menggali cerita pendampingan kelompok dari sisi gender yang akan dimasukkan dalam laporan, sedangkan Deta menggali cerita secara umum terutama cerita dalam 5 bulan terakhir sejak proses coaching terakhir dilakukan (April 2015). Setelah itu, Deta memeriksa dan memberikan masukan terhadap draft laporan yang sudah disiapkan peserta sebelumnya, termasuk menyampaikan masukan-masukan terkait pemindahan draft ke dalam kerangka laporan serta kelengkapannya.

Dalam sesi evaluasi, Michael menyampaikan sejumlah pertanyaan reflektif yang berkaitan dengan Program Peningkatan Kapasitas LSM Sumba yang telah berlangsung selama 1 tahun. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan antara lain: Bagian mana yang paling diingat dari seluruh program peningkatan kapasitas LSM Sumba? Bagian mana yang dirasa paling bermanfaat bagi Bapak/ Ibu?

Tahap kedua dari kegiatan Pendampingan Pembuatan Laporan Akhir LSM Sumba adalah mengedit dan merevisi draft laporan akhir dari masing-masing LSM hingga menjadi laporan final. Kegiatan mengedit dan merevisi draft laporan ini dilakukan secara jarak jauh melalui e-mail antara penyusun laporan akhir dan tim KAIL (Deta dan Intan). Kegiatan ini dilakukan antara bulan September 2015 hingga November 2015. Prosesnya: LSM mengirimkan draft melalui e-mail, diperiksa dan diberi masukan oleh tim KAIL dan dikirimkan kembali pada LSM. Kemudian LSM memperbaiki draft laporan dan mengirimkan revisinya kembali pada tim KAIL. Proses ini terjadi dalam beberapa tahapan hingga akhirnya LSM mengirimkan laporan final kepada HIVOS. Pada setiap LSM proses ini terjadi, kecuali YSD yang langsung mengirimkan laporan final kepada HIVOS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar